Apa itu Fisika Medis?

Standard

Udah lama ga posting :), sekarang tulisan saya mau fokus dengan bidang ilmu pengetahun aja aah, dimulai dari bidang yang saya geluti selama ini. FISIKA

Fisika adalah pelajaran yang ditakuti oleh anak anak terutama anak anak yang tidak menyukai hitung menghitung dan bermain dengan logika. Namun ternyata tanpa kita sadari ilmu fisika adalah sebuah hal yang penting karena berada sangat dekat dengan kebutuhan manusia. Saat ini ketika belajar fisika, anak anak dicekoki dengan rumus rumus dan perhitungan yang rumit, namun ternyata di balik itu semua, terdapat hikmah dan pembelajaran berharga untuk kehdiupan sehari hari. Tidak percaya?

Saya percaya bahwa bergelut dalam dunia pendidikan dan kesehatan masyarakat adalah hal yang paling bisa membuat diri saya  bermanfaat bagi orang lain. Namun karena saya terlanjur masuk jurusan fisika, ya apa mau dibuat. Hal yang saya lakukan adalah tetap berjuang mencapai impian saya tadi tanpa menjadi dokter atau perawat (red: saya ga suka ama dokter hehe). Ternyata setelah belajar fisika, saya tidak pernah menyesalinya, karena disini saya menemukan semangat saya. Fisika medis!

medical physiscsFisika medis adalah ilmu yang mempelajari aplikasi ilmu fisika dalam bidang medis. Dua kajian utamanya adalah: Aplikasi fisika dalam memahami fungsi tubuh manusia dalam keadaan sehat atau sakit (fisika fisiologi) dan aplikasi fisika untuk alat bantu pada kebutuhan medic (Instrumentasi medik). Aplikasi dari bidang ini sering disebut Medical Engineering atau Biomedical Engineering karena menyangkut teknologi pendukung diagnosis dan terapi pada makhluk biologis seperti manusia.

Para fisikawan punya peran penting dalam dunia medis, diantaranya:

1. Pengukuran

Setiap diagnosa medis pasti membutuhkan pengukuran. Saat pertama kali ke dokter,  perlakuan apa yang akan kita terima? yup pengukuran. Mulai dari pengukuran berat badan, temperatur, tekanan darah, belum lagi pengukuran untuk diagnosa lebih lanjut seperti imaging tubuh, tes darah, urin, MRI, CT scan, dll (mungkin akan saya bahas dalam judul khusus). Semua teknologi medis pasti berkaitan dengan kuantitas dan kualitas ilmu fisika, seperti tekanan darah, waktu/durasi, energi yang dihasilkan tubuh, dll. Pengukuran medik banyak melibatkan sistem tubuh dan waktu. Maka dari itu biasanya pengukuran dilakukan berulang ulang untuk mendapatkan hasil akurat dan presisi. Keputusan treatmen yang akan diberikan kepada pasien sangat bergantung pada hasil pengukuran ini. Fisikawan banyak berkontribusi dalam membuat teknologi terbaru dan metode penggunaan efektif untuk alat alat pengukuran ini.

2. Modeling dan Simulasi

Fisikawan banyak pula yang tergabung dalam modeling dan simulasi untuk medis. Hal ini dilakukan untuk membuat inovasi inovasi terbaru dalam penelitian. Namun karena dunia medis adalah dunia yang biasanya berhubungan dengan makhluk hidup, maka tidak begitu saja dengan mudahnya mengujicobakannya kepada makhluk hidup tersebut. Maka dibuatlah sistem simulasi dan modelling menggunakan software komputer. Hal ini sebagai tahap awal penelitian terhadap penemuan penemuan dalam bidang medis. Pemodelan suatu fungsi sistem medik juga dapat membantu untuk memprediksi suatu proses yang sulit diprediksi para dokter.

3. Pengobatan (Treatment)

Dalam dunia medis ternyata banyak juga terapi menggunakan medan lsitrik. Salah satunya yang saya temukan adalah alat terapi Kanker menggunakan medan listrik, walaupun penemunya bukan asli orang fisika, namun para fisikawan medis cukup banyak berperan dalam bidang penelitian tersebut. Alat – alat lainnya banyak juga yang dapat berhubungan dengan fisika, namun masih sedikit para fisikawan medis yang bergelut dalam bidang ini, terutama di Indonesia

Jadi untuk para fisikawan, masih banyak ladang riset nih bagian fisika medis, mulai dari radiologi,sistem pencitraan (imaging), inovasi  instrument medis, Quality Assurance untuk peralatan medis, dll.

Ayo berjuang untuk bisa memberi manfaat untuk masyarakat Indonesia dengan meningkatkan kualitas kesehatannya

semangat !!!

sumber: Dr. Suprijanto. Kuliah Fisika Medis, Fisika Medis dan Alat Kesehatan. KK Instrumentasi dan Kontrol Teknik Fisika ITB

18 thoughts on “Apa itu Fisika Medis?

  1. PH

    Artikelnya bagus, lumayan ngebantu buat yang lagi galau milih mata kuliah. Salam dari mahasiswa Teknik Fisika Tingkat 4. Good luck :)

  2. oryn

    assalamualaikum kak..
    artikelnya menarik..

    saya mau nanya kak alat kesehatan yang menggunakan prinsip hukum gauss contohnya apa ya kak?
    mohon bantuannya, terima kasih..

    • wa’alaikumsalam wr wb
      terima kasih oryn sudah mampir, semoga bermanfaat

      sebenarnya saya kurang mengerti pertanyaan oryn itu mengarah kemana?
      setau saya Hukum Gauss adalah salah satu metode untuk menghitung medan listrik yang melewati suatu permukaan
      cara hitungnya adalah dengan mengetahui total muatan yang dilingkupi permukaan Gauss
      kalau yang dimaksud oryn alat kesehatan yang menggunakan medan listrik tentu jawabannya sangat banyak
      namun alat kesehatan juga sangat luas cakupannya, apakah itu alat untuk imaging test, pengobatan, alat bantu, dll
      nah maksud oryn kira kira yang mana? :) :) :)

      • oryn

        yang saya maksud di sini alat imaging test dan pengobatan kak..
        kira-kira ada gak kak contohnya 10 buah..
        sekali lagi terima kasih atas bantuannya..

    • aku juga mau nanya kag, tentang contoh alat kesehatan berdasarkan hukum gauss,,
      baik imaging test, pengobatan dll nya.. kalau mau searching di google apa kata kuncinya ya kag?

    • Oryn maaf ya baru balas lagi, baru sempet buka blog lagi
      ini untuk tugas ya? :)
      kelamaan ya jawaban dari saya

      em kalau 10 buah kayaknya mbah google lebih asik buat ditanya
      coba saja cari dulu, keywordnya kurang lebih medical instrumentation electrostatic atau medical electromagnetic atau electrotherapy, cukup banyak yang membahasnya, cuman kebanyakan ya pake bahasa inggris
      gapapa lah ya, biar sambil belajar :D

      untuk alat TENS, kalau saya baca baca, menurut saya bisa. Prinsip kerjanya pake elektrostatik juga, jadi bisa digunakan hukum Gauss untuk menghtung medan listrik E nya

  3. nanang

    masuk ke jurusan TEknik Elektromedik aja,,, sudah mencakup semua, materi,,, fisioteraphy, electromagnetic, imaging, instrumentsai, hukum fluida,,,dan masih banyak lagi,,, heheheh… emg gk nyambung seh,

  4. aslmkm wr wb
    bagus ka postingannya..aku suka..aku kuliah di pend. fisika dr Sulawesi Tenggara. dengar2 ada s2 nya yah di kampus kakak?ka mau tanya apa bisa kalau s1 nya pend fisika lalu lanjut s2-nya di fisika medis..bisa g tuh ka?terimakasih sebelumnya..#ditunggu segera ya balasannya ^_^

  5. hallo kak.
    artikelnya bagus. kebetulan saya salah satu pencinta fisika, tapi saya juga bercita2 ingin menjadi seorang dokter. kebetulan dapat rekomendasi dari temen untuk ambil jurusan ini saat kuliah nanti.
    mau tanya dong kak suka dukanya apa di jurusan ini dan selain ITB , univ mana lagi ya yang ada jurusan fisika medisnya? terimakasih :)

    • Hallo salam kenal. Kalau di fisika yaa sebenernya sama aja kayak kuliah di jurusan lain. Dukanya ya Banyak tugas, ujian, dosen galak, dll. Sukanya banyak belajar hal baru, nambah pengalaman, nambah relasi dan yang pastinya senang karena akhirnya saya nemu passion saya disini Alhamdulillah. Jadi walaupun dukanya lumayan banyak, tapi karena dijalani dengan senang hati yaa menikmati aja. Semoga Dwi juga bisa nemu passion dan cita citanya ke arah mana.

      Setau saya ada beberapa universitas yang melakukan penelitian bahkan ada jurusan fisika medisnya. Contohnya di Universitas Indonesia (UI), jurusan fisika medisnya jadi subjurusan sendiri. Di ITB, fisika medis merupakan salah satu tema penelitian di bawah subjurusan Biofsika dan Nuklir. Di jurusan Fisika UIN Syahid dan UIN Suka juga mulai dikembangkan penelitian fisika medis. Biasanya fisika medis tema peneletiannya juga dekat dengan jurusan teknik biomedika. Beberapa universitas juga banyak yang mengembangkan topik ini untuk tema penelitian atau bahkan jurusan tersendiri.

  6. Vila

    umm mau tanya kalau di ITB ada program Pascasarjana Fisika Medis tidak ya?, dulu saya S1 Fisika mengambil peminatan biofisika. Apa bisa masuk melalui jalur beasiswa..? apa saja syarat2nya? Terimakasih :)

    • Untuk tahap sarjana dan pascasarjana spesifik untuk fisika medis memang belum ada, topik fisika medis memang masih berada di bawah kelompok keahlian Biofisika dan Nuklir.
      Kalau tentang beasiswa tentu saja bisa, ITB cukup banyak memberikan beasiswa bagi mahasiswanya, bisa digoogling dulu mungkin beberapa besiswa seperti LPDP atau beasiswa untuk calon dosen.

  7. Vila

    Ah iya setelah saya googling S2 Fisika medis itu ada di UI dan UNDIP. Di ITB ada teknik biomedika tapi dibawah dept. Teknik Fisika hadeuh, pengen seh kuliah di Bdg biar gak usah ninggalin anak :) …. namun beasiswa nya jg sy ga kuat sama syarat2nya :D

Leave a Reply

