Melihat Sebuah Virus HIV

Pada hari ini biasanya masalah dunia yang dibahas di negara maju adalah terorisme. Namun terdapat masalah yang telah banyak memakan korban dan belum ditemukan solusi untuk menghentikannya. Masalah ini adalah HIV/AIDS. Virus ini telah membunuh begitu banyak orang. Penyakit ini telah menyerang dan menghancurkan tempat tempat seperti Amerika Utara, Afrika, Amerika Latin, dan sebagian Asia. Pada awal sampai pertengahan tahun 1980-an, daerah Asia relative belum terpengaruh oleh virus ini. namun pada awal 1990-an, epidemic AIDS muncul di beberapa negara ASIA, dan pada akhir dekade HIV menyebar dengan cepat di daerah daerah benua ASIA. Hari ini sekitar 4.790.000 orang di Asia hidup dengan virus HIV dalam tubuhnya. Nilai ini relative lebih rendah terutama bila dibandingkan dengan nilainya dengan Afri.

sumber gambar: chem-is-try.org

HIV adalah akronim dari Human Immunodeficiency Virus. Virus ini adalah jenis virus yang melemahkan sistem kekeabalan tubuh manusia. HIV menempel dan merusak sel – sel darah putih tertentu (sel T dan CD-4). Sel T dan sel CD-4 sangat penting dalam sistem kekebalan tubuh. HIV dapat tetap hidup dalam tubuh selama bertahun tahun dan pada akhirnya HIV melemahkan sistem kekebalan tubuh sehingga tubuh tidak mampu lagi melawan infeksi yang ditimbulkan oleh virus lainnya. Selama ini pengobatan dilakukan hanya untuk memperlambat atau menghentikan proses tersbut namun belum bisa menyembuhkan penderita yang terkena virus HIV tersebut. Virus HIV memiliki dua jenis. Jenis pertama adalah HIV-1, yang merupakan penyebab utaman AIDS di seluruh dunia. AIDS adalah singkatan dari Acquired Immunodeficiency Syindrome. AIDS membuat sistem kekebalan tubuh terlalu lemah untuk melawan infeksi. Jenis kedua adalah HIV-2, yang kebanyakan ditemukan di daerah Afrika Barat.

HIV hidup di dalam darah dan cairan tubuh lainnya serta sekresi seperti air manu, cairan vagina dan air susu ibu. Sebuah paritkel HIV memiliki ukuran diameter sekitar 10-9 meter. Seperti kebanyakan bakteri, partikel HIV ukurannya terlalu kecil bial dilihat dnegan mikroskop biasa. Tetapi dapat dilihat dengan jelas menggunakan mikroskop elektron.

Next Soon: Virus HIV dan hubungannya dengan tubuha manusia, terutama bila dilihat dari segi medical physics

1 Desember Hari AIDS sedunia…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s