AWAS !!!! Hati-hati Kekenyangan !!!

Akhir akhir ini saya sering banget denger temen yang kaget liat saya makan, saking liat banyak makan dan segala dimasukin…hahah
entahlah mungkin karena mereka belum terbiasa liat orang makan cepet, dan segala suka atau emang sayanya yang emang kelewatan untuk standar akhwat ya, hehe
Salah satu temen saya ampe bilang, “aduh sit, emang makanan apa sih yang kamu ga suka?”, kalo ditanya kayak gitu saya juga bingung, heheh *dasar*
Mungkin karena saya berasal dari keluarga yang pada doyan makan kali ya..*nyalahin keluarga lagi, he ^^V*
Sampai pernah suatu hari saya cerita sama mamah kalo saya sering dibuli karena makannya banyak padahal akhwat, heh
Terus mamah saya dengan dinginnya menanggapi, “Ya udah gapapa, yang penting mah sehat. Ga usah pake diet diet segala”
Di satu sisi bener juga sih, tapi satu sisi lain mungkin kita harus balik ke belakang melihat cara makan Rosululloh dulu kayak apa ya…

Sebelumnya mungkin kita pernah mendengar lirik lagu ini…
Yup… lirik ini berjudul Sepertiga dari Tashiru, lagu ini diambil dari cuplikan hadist Rosulullah SAW, hadist ini mengingatkan kita terutama saya agar tidak berlebihan dalam mengonsumsi makanan…

Sepertiga dari perutmu
Isilah dengan makanan
Sepertiga dari perutmu
Isilah dengan minuman
Sisakan sepertiganya lagi untuk pernafasan
Jangan biarkan dirimu terbelenggu nafsu setan

Ada nih yang lebih serem lagi, nemu pas lagi baca buku, ternyata saat kita berlebihan dalam makanan dan membuat kita kenyang ampe ga bisa guling guling *halah* dapat menjadi jalan masuknya setan ke dalam hati kita…
haduuuuhh…. astaghfirullah … T_T
Setan setan pergilah !!!

Kenyang dengan makanan termasuk salah satu pintu masuknya setan ke dalam hati. Meskipun makanan itu murni halal. Karena kenyang bisa menguatkan berbagai syahwat yang merupakan senjata setan.

Dikatakan bahwa ada enam sifat tercela yang terjadi akibat banyak makan.
1. Menghilangkan rasa takut kepada Allah dari dalam hatinya
2. Menghilangkan rasa kasih sayang dterhadap sesama makhluk dari dalam hatinya karena ia mengira bahwa mereka semua kenyang
3. Menjadikannya malas melakukan ketaatan
4. Ia menjadi tidak tanggap apabila mendengar perkataan hikmah
5. Apabila menyampaikan nasihat dan hikmah, maka penyampainnya itu tidak menyentuh hati banyak orang
6. Menimbulkan banyak penyakit

Dari buku Tazkiyatun Nafs – Sa’id Hawwa

Aiih aiih…
harus hati hati nih sekarang, mungkin selama ini rasa malas itu datang dari perut yang isinya berlebihan ini ya, >_< astaghfirullah..
Dan mungkin juga kata kata yang kurang bermakna juga diakibatkan dari makanan yang kruang berkah ini

Tapi Subhanallah ya…
Begitu indah ajaran Islam, bahkan hal yang terkecil seperti ini pun diajarkan oleh Rosulullah…
Wuahh… terima kasih ya Allah…
Dan sudah sampai mana kita mencontoh rosulullah dari hal yang terkecil???
yu yu yu…
Jaga makanan kita, makan bergizi dan jagan berlebihan
Insya Allah dijamin badan sehat, pikiran encer dan aksi aksi kita penuh barokah
aamiin…😀

One thought on “AWAS !!!! Hati-hati Kekenyangan !!!

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s