06 – 11 Agustus 2012 @ Sanlat Pupuk Kujang Cikampek

kakak: “Adik Adik”

Adik: ” Siap !”

kakak: “Siap ?”

Adik: “Allahu Akbar”

Pembukaan acara sanlat sekolah PKC 2012. Pembukaan acara yang kocak, pemberi sambutan ngomong apa, anak anaknya rame sendiri :p

Ini pertama kalinya saya seneng banget deket dan dikelilingi banyak sekali anak anak kecil. Hehe, saya dan adik saya beda 3 tahun aja dan saya ga punya banyak keponakan atau sepupu, jadi saya lupa rasanya ngurus adik kecil.

Yup

Pesantren Kilat Sekolah Pupuk Kujang Cikampek 06 – 11 Agustus 2012

Awalnya saya ikut karena menggantikan teman yang berhalangan untuk ikut

Saya diberi tugas mengajar anak anak kecil kelas 1 SD berjumlah sekitar 30 orang

Buat saya ini bukan tugas mudah, penuh tantangan dan pengorbanan *heuuu*

Karena anak kecil itu ternyata sangat sangat sangat (*sekali lagi dapet gelas cantik*) mengasah kemampuasn softskill saya dalam berkomunikasi

Dan saya akui saya masih cupu banget dalam masalah ini #ngaku

Dan pada kenyataannya saya yang banyak belajar dari mereka, padahal notabene saya yang ngajar dan jadi mentor mereka

anak anak sd pupuk kujang cikampek

 

Anak kecil itu makhluk jujur, saat kita melakukan sesuatu yang membuat mereka tidak nyaman, itu akan tergambar dari berbagai ekspresi mereka, apa itu menangis, merengek, dari celotehan, dan ekspresi lainnya yang kadang tak terprediksi

yang paling kiri namanya Michiko, anak kelas 1A🙂 *lucu kan*

 

Anak kecil itu gampang bosen, mereka bahkan cuman bisa diam duduk manis #sidakepbaribalem hanya dalam waktu kurang dari 5 menit. Setelah lebih dari waktu itu mereka akan melakukan hal yang menurut mereka lebih mengasyikan. Dan hal ini yang membuat saya cukup stress >.<, *harap maklum kebanyakan ngurusin orang orang serius* ternyata kepolosan mereka cukup membuat saya salah tingkah menghadapi mereka semua. Sampai suatu saat pernah saya mikir, ini anak anak hormon pertumbuhannya lagi tumbuh dan berkembang apa ya, dari tadi gerak gerak mulu, ga cape cape, mungkin sel sel di tubuh mereka lagi berkembang pesat jadinya mendorong mereka terus bergerak hahha #gailmiahpenjelasannya

adik adik TK-SD kecil saat menonton demo sains

 

Anak kecil lebih tertarik pada hal semacam gambar berwarna, lagu, musik, gerakan tubuh. Intinya mereka masih dominan visual dan kinestetiknya. Walhasil kalau kita berusaha berbicara kayak pidato, satu menit kita ngomong, tau tau kita udah ditinggal anak anaknya buat berlarian atau berantem. Hari pertama saya jadi mentor, lagi shaum, dan suara saya abis karena kebanyakan nyuruh mereka buat diem. But trust me, it doesn’t work, kita ga bisa cuman mengandalkan suara kita untuk menarik perhatian mereka😀.

Jovan, kelas 1B SD Pupuk Kujang Cikampek

 

Anak kecil adalah makhluk yang sangat sosialis *bukan paham sosialis yang kayak di buku buku itu*. Tapi mereka itu sangat suka bersosialisasi, suka bertemu dengan teman-temannya. Kalau berantem atau adu mulut dengan temannya, 5 menit kemudian mereka sudah baikan lagi, dan kayaknya ga pernah ada sakit hati apapun. Bahkan ada beberapa anak yang kalau di rumah pendiam sekali, ga ada temen bermain mungkin, tapi kalau udah ketemu sama temen temennya di sekolah beuuuuh pokoknya, super aktif dan cerewetnya minta ampun >.< . Mungkin itu yang disebut, disampingmu aku bisa menjadi diri sendiri, hehe :p

wiiiih seru dah pokoknya, saya banyak belajar dari teman teman PAS (Pembinaan Anak Salman) tentang bagaimana menghadapi anak kecil, belajar lagu lagu dan jargon jargon seru.

Pentas Seni Ceria Sanlat PKC🙂

Terima kasih adik adik kelas 1A SD Pupuk Kujang Cikampek yang super seru, kocak dan ngangenin🙂

para kakak-kakak mentor dan koorlap TK-SD kecil
dari kiri ke kanan, atas: ka mega, ka susi, ka linda, ka amal
bawah: ka vian, ka nuri, ka eva, ka aufa, ka zaki, ka siti, ka hilda

Terima kasih kakak kakak mentor TK-SD kecil yang mengajarkan banyak hal (Ka Amal, Bunda Mega, Umi Iin, Ka Sus, Ka Nuri, Ka Vian,  Ka Eva, Ka Aufa, Ka Zaki, Ka Hilda)

Belajarlah hal hal baik tanpa melihat siapa yang menyampaikan, karena kita bisa belajar bahkan dari seorang anak kecil yang baru mulai sekolah

Senam TK

Maju maju maju

Mundur mundur

Kanan kiri bergantian

Loncat berjongkok berdiri berjinjit

Mari berkeliling bergembira

Goyang goyang goyang

Pinggulnya digoyang

Ayun kaki kanan kiri

Tangan kedepan ke pundak ke atas

Bergoyang bersama bergembira

Sekali lagi

Bergoyang bersama bergembira

Ciptaan Tuhan

Aku Berjalan Ikan berenang

Ulat melata burung terbang

Hujan turun bunga berkembang

Allah ciptakan karena sayang

Buka Tutup

Tangan kedepan tangan kedepan

Buka tutup buka tutup

Tepuk tanganmu *prok prok*

Buka tutup buka tutup

Tepuk kakimu *prok prok*

Naik naik naik naik sampai ke dagu

Buka mulut

Lalu teriak ‘Aaa’ *Aaaaaaaaaaaaaa*

Simpan di belakang

Tepuk Wudhu

Tepuk Wudhu *prok prok prok*

Baca Basmalah sambil cuci tangan *prok prok prok*

Kumur kumur cuci hidung basuh muka *prok prok prok*

Tangan sampai ke siku

Kepala dan telinga

Cuci kaki lalu do’a *prok prok prok*

Cuci kaki lalu do’a *prok prok prok*

Tepuk Diam

Tepuk Diam *prok prok prok*

Ambil Kunci *prok prok prok*

Kunci mulut *prok prok prok*

Diam *psstttt*

2 thoughts on “06 – 11 Agustus 2012 @ Sanlat Pupuk Kujang Cikampek

  1. wah ga nyangkan ternyata sanlatnya 5 hari toh

    dikirain cuma bentar..

    kemaren sempet mampir ke sana bentar, gara2 diajakin temen pas H-1 tampaknya

    • iya ka, sanlatnya dari hari senin ampe jumat,
      mampir? emang rumahnya deket sana? -_-a
      asa ga liat…
      kemaren saya juga ikut karena ngegantiin teh Arin yang ga jadi ikut

Leave a Reply

