Muhasabah Akhir Tahun ‘Menuju Hari Esok yang Lebih Baik’

*edisi serius santai🙂

Alhamdulillahirabbil’alamin walau pada awalnya saya tidak punya agenda apapun di awal tahun baru 2013 ini, tapi Allah menakdirkan saya bisa mendapat rezeki ilmu di akhir tahun 2012 ini dengan jalan ajakan mendadak dari teman SMA saya. Akhirnya pada tanggal 31 Desember 2012 kemarin saya berkesempatan hadir dalam  acara Muhasabah Akhir Tahun yang diselenggarakan oleh REPUBLIKA. Acara ini bertemakan “Menuju Hari Esok yang Lebih Baik”. Acara yang dilaksanakan di Masjid PUSDAI kota Bandung ini dihadiri oleh lebih dari 5000 orang yang berasal dari daerah Jawa Barat dan sekitarnya, bahkan ada juga tamu dari kota kota lainnya. Pada acara ini mendatangkan pemateri – pemateri ternama dari Jawa Barat seperti Gubernur Jawa Barat, Dr. H. Ahmad Heryawan, Lc, KH Abdullah Gymnastiar, Prof. Dr. Miftah Faridl, dan seorang motivator terkenal Jamil Azzaini.

Acara ini dimulai pukul jam 20.00 WIB dan berakhir pukul 00.00 WIB. Para pemateri menyampaikan ilmu secara bergantian dengan gaya dan ciri khas masing masing. Dari acara ini banyak hikamh dan ilmu yang bisa dipelajari. Dari acara ini saya mendapat semangat baru dan harapan berkarya lebih baik di tahun 2013 ini. Sangat senang rasanya jika bisa berbagi dengan teman teman semua tentang hikmah yang saya ambil sepanjang acara tersebut.

 

Pemateri pertama adalah Gubernur Jawa Barat, Dr. H. Ahmad Heryawan, Lc, dengan menggunakan pakaian berwarna putih bersihnya beliau menyampaikan beberapa hal dalam posisinya sebagai seorang Gubernur dan seorang Da’i. Ahmad Heryawan atau yang biasa disebut kang Aher bercerita tentang suksesnya sahabat sahabat Rasul yang telah dijamin masuk syurga. Salah satu sahabat yang menjadi sorotan adalah Anas Bin Malik. Anas bin Malik adalah salah seorang sahabat Rasul yang banyak merawikan hadist hadist, karena beliau merupakan khadimat Rasulullah SAW. Anas bin Malik pernah didoakan oleh Rasulullah SAW dalam tiga hal. (1) Umur yang panjang, pada akhirnya terbukti bahwa umur beliau bisa mencapai 145 tahun (2) Harta yang melimpah, walaupun pada awalnya Anas merupakan salah satu sahabat yang miskin, namun dengan usahanya Anas bisa menjadi orang yang berkecukupan (3) Keturunan yang banyak, menurut riwayat Ibnu Katsir putra putrid beliau berjumlah 120 orang *jangan Tanya istrinya berapa*, Subhanallaah dari cerita ini kita bisa mengambil hikmah dari kehidupan Anas bin Malik, tentang kesederhanaanya dan usaha kerasnya dalam menjalani kehidupan. 

 

Pemateri kedua adalah seorang ulama terkenal Ust. Miftah Faridl. Beliau ulama senior yang juga pernah menjadi dosen ITB. Ustadz Miftah Faridl menyampaikan kunci sukses dan kebahagiaan seorang manusia. Beliau mengatakan bahwa kita harus memiliki tekad untuk selalu bersikap lebih baik lagi, karena jika tidak maka kita hanya ada dalam kecelakaan. Menurut beliau kunci kesuksesan dari kehidupan Nabi Muhammad SAW adalah karena akhlak Qurani. Salah satu kunci kesuksesan dan kebahagiaan adalah dengan mengambil rahasia dari Alquran surat Al Mu’minun 1-10.

Ada lima point yang pelajaran mencari kebahagiaan yang dapat diambil dari firman Ilahi tersebut, diantaranya adalah:

1. Keimanan

Keimanan adalah harta yang paling berharga dan harus kita syukuri. Di luar sana masih banyak orang non-muslim yang mempelajari ajaran Islam namun belum mendapatkan hidayah untuk bisa masuk ke dalam agama Islam. Apa itu keimanan?

Percaya… sebuah kepercayaan itu penting. Kita ambil contoh, kita mau makan di suatu restoran karena pada dasarnya kita percaya pada restoran tersebut tidak meracuni kita atau kepercayaan seorang suami pada istrinya dan sebaliknya. Kepercayaan itu penting untuk mencapai suatu kebahagiaan. Kepercayaan duniawi seperti ini saja begitu penting apalagi percaya pada Allah, yaitu Keimanan. Dengan suatu keimanan kepada Allah dan Rasul-Nya seorang manusia dapat dipastikan mendapat kebahagiaan dunia dan akhirat, karena dengan sebuah keimanan manusia dapat menghilangkan semua Illah lain selain Allah yang hanya bisa membuat manusia gelisah dan resah.

Dengan sebuah keimanan manusia dapat menghilangkan seluruh Illah selain Allah yang degannya hanya dapat mendatangkan kegelisahan dan keresahan

2. Khusyu

Karena kebahagiaan pangkalnya dari ketenangan hati, maka darimana ketenangan hati itu dapat diperoleh?  

Yang membuat hati kita tidak tenang adalah keterikatan pada hal hal duniawi. Semakin tamak seseorang manusia  maka potensinya untuk menjadi stress akan semakin tinggi

Kita lihat saja bahwa tidak ada orang yang sampai stress berat karena memikirkan akhirat atau kejadian di Padang Mahsyar. . Khusyu adalah salah satu cara untuk sejenak ‘melupakan’ dunia dan segala hiruk pikuknya. Dengan khusyu manusia semakin menjadi pasrah kepada Allah dan menyerahkan semua urusan ke hadapan Allah.

3. Tinggalkan hal yang tidak bermanfaat

Kehidupan dunia itu seperti sebuah garis lurus, kita akan terus maju tanpa bisa kembali lagi. Maka waktu yang tidak dimanfaatkan untuk kebaikan maka kerugianlah yang akan diperoleh. Cara efektif untuk menghabiskan waktu adalah dengan brdzikir kepada Allah. Dzikir adalah hal yang Allah sukai, dengan berdzikir maka banyak hal yang dapat kita dapatkan yaitu: (a) Memperkecil maksiat lidah (b) Pengobatan spiritual (c) Cara membangun karakter

4. Memberikan hak orang lain dari harta kita

5. Menjaga diri dari zina

6. Jujur

Amalan paling sulit bagi seorang muslim adalah Jujur!

Orang beriman adalah orang yang dapat menunjukkan bahwa dirinya merupakan orang jujur. Tidak mungkin ada orang shaleh yang korupsi, orang beriman yang tidak menepati janji, keimanan dan kejujuran adalah hal yang saling berkaitan satu sama lain.

Kejujuran mendatangkan keberkahan, keberkahan mendatangkan kebahagiaan.

Sehingga dengan berbuat jujur manusia bisa memperoleh kebahagiaan itu. 

7. Memelihara shalat

Dengan shalat berarti menjaga interaksi manusia dengan Allah. Pada saat shalat spirirtualitas kita terhubung dengan Tuhan kita, Allah. Pernahkah kita merasakan saat belum melaksanakan shalat sehingga hati kita merasa gelisah dan resah, itu karena ada jiwa kita merasakan ada sesuatu yang salah. Sehingga dengan memelihara shalat hati kita akan tetap tenang dan bahagia karena jiwa kita tetap terhubung dengan pemilik hati, Allah.

 

Pemateri ketiga adalah ustadz kita yang sudah terkenal dengan Manajemen Qolbunya ini, Aa Gym. Aa membuka ceramahnya dengan sebuah doa yang indah tentang sebuah refleksi diri dan usaha untk introspeksi diri. Pada kesempatan ini Aa Gym menyampaikan materi mengenai bagaimana cara mengevaluasi diri.

Manusia hanya akan mendapat kecelakaan dan kehinaan disebabkan perbuatannya sendiri. Sehingga manusia perlu sering sering melakukan evaluasi diri.

Kita ambil contoh, seorang perempuan memiliki penampilan yang selalu terlihat rapi karena sering melakukan evaluasi dengan sering melihat cermin. Saat bangun tidur melihat cermin, di kamar mandi kembali melihat cermin, saat keluar rumah melihat kaca jendela, di mobil melihat kaca spion, saat sedang di kantor dikeluarkanlah kaca kecil dari tasnya. Maka diperolehlah suatu penampilan yang lebih baik karena selalu dilakukan evaluasi.

Kadang kita sangat ingin melakukan perubahan di sekitar kita, di negeri ini. Tapi percayalah, bahwa jika kita ingin focus melakukan perubahan maka fokuslah memperbaiki diri.

Focus memperbaiki orang lain berarti harus focus memperbaiki diri pula

Pemberani sejati adalah orang yang punya waktu tersendiri untuk mengevaluasi dirinya. Mengakui kekurangan diri dan berkaca, jujur pada diri sendiri sejauh mana kita telah melangkah dan apa saja yang telah dilakukan.

Aa gym menyampaikan lima tips untuk melakukan evaluasi diri, diantaranya adalah:

  • Tafakuri diri

Kita harus memiliki waktu khusus untuk melakukan evaluasi diri, yang paling afdhol itu saat sepertiga malam. Jadi sesungguhnya bukan hanya momen tahun baru seperti ini kita harus melakukan evaluasi dan muhasabah, namun diutamakan setiap hari setelah selesau Qiyamul Lail. Jujur pada diri sendiri adalah kunci untuk melakukan evaluasi.

  •  Miliki cermin diri

Kita harus memiliki seseorang yang dapat menjadi cermin diri kita, bisa itu sahabat, orang tua, pasangan hidup, anak anak, dll. Seseorang itu adalah orang yang akan dengan senang hati berani mengakui kekurangan diri kita. Bersikap objektif dan dengan ikhlas ingin kita menjadi pribadi yang lebih baik. Tidak akan turun harkat martabat kita karean mendapat masukan dan kritikan dari orang lain.

Kita harus berterimakasih jika ada orang yang mengkritik dan menghina kita. Karena sesungguhnya kita memang benar benar hina. Jama dahulu Rasulullah mendapat banyak cacian dari orang orang, padahal dalam kedudukannya yang mulia, nah ini kita yang bertulan hina malah tidak mau menerima cercaan orang lain.

Saat dihina orang banyak, manusia barulah merasakan dan  dengan kesabaran lah manusia dapat menghilangkan illah yang selama ini menjadi kesalahan dan diagung agungkan secara berlebihan.

  •  Berguru pada yang ahli

Sebaik baik guru adalah guru yang ikhlas dan mengamalkan setiap perkataanya, beliau akan memberikan yang terbaik agar muridnya ini bisa menjadi lebih baik dari dirinya.

Jika kita mencari sebuah pemahaman maka carilah guru yang benar karena ternyata sebuah keyakinan itu bisa menular.

  • Manfaatkan orang orang yang benci

Orang yang membenci kita adalah orang yang paling perhatian pada kita, karena dia menghabiskan waktunya untuk memikirkan kita dan mencari kekurangan kita padahal kita sama sekali tidak pernah memikirkan dia.

Kita bisa belajar dari cara mendapat sari kelapa. Untuk mendapat sari kelapa bukanlah hal yang mudah, kelapa berada pada posisi yang tinggi dan saat kelapa jatuh pasti keras dan bukan jatuh perlahan lahan, setelah jatuh buahnya dijenggut dan dicabuti rambutnya, kemudian dipukul dengan keras untuk membuka batoknya, setelah dibuka dicongkel dengan keras untuk mengeluarkan daging kelapanya, belum berhenti setelah itu, daging kelapa masih harus diparut dengan keras dan diperas dengan sepenuh tenaga barulah saripati kelapa itu diperoleh. Dengan berbagai cobaan yang keras akan menghasilkan sesuatu yang manis dan bermanfaat, begitupun orang orang yang membenci kita. Mungkin memang menyakitkan bagi kita, namun ternyata dengan perlakuannya tersebut kita dapat menjadi orang yang lebih hebat lagi.

 

Pemateri keempat pada acara ini adalah seorang motivator bernama Jamil Azzaini. Pak Jamil ini adalah seorang penulis buku juga yang setiap bukunya mendapat predikat Best Seller. Pada kesempatan kemarin Pa Jamil banyak bercerita tentang masa kecilnya yang keras dan perjuangannya sampai pada kondisi sekarang. Menurutnya yang perlu dilakukan di tahun 2013 ini adalah MOVE ON dengan 4-ON

  • visiON

Visi adalah sesuatu yang bsia membuat seseorang memikirkan hal ini dalam setiap geraknya. Visi minimal ada pada dua sudut pandang, visi akhirat dan visi dunia. Pa Jamil menceritakan visi akhiratnya yaitu ingin memeluk Nabi Muhammad pada tempat yang mulia. Visi ini membuatnya selalu bersemangat  dan terus memperbaiki diri. Selain itu visi dunianya yaitu bisa menginspirasi 25 juta orang dan 1 juta orang diantaranya dapat terlepas dari kemiskinan.

  • actiON

Memiliki skala prioritas, berani berkata tidak.

Sibukkan diri dengan yag wajib dan Sunnah, sekali kali boleh melakukan yang mubah, tinggalkan yang makruh dan campakkan yang haram

  • PassiON

Passion adalah sesuatu yang bisa membuatmu bertahan walau itu sulit, yang membuatmu bergerak saat kemalasan itu datang, yang membuatmu nyaman padahal menurut orang itu menyebalkan.

Ciri cirri suatu pekerjaan itu adalah passion kita yaitu (1) enjoy, kita merasa enjoy denga pekerjaan tersebut, sesulit apapun sekeras apapun pekerjaan itu, namun saat mengerjakannya kita merasa bahagia dan tanpa ada keluhan sedikitpun. (2) Tumbuh, bukan sekedar pekerjaan yang rutin, namun pekerjaan yang terus membuat kita tumbuh menjadi pribadi yang lebih baik lagi (3) Dihargai, dengan mengerjakan pekerjaan  tersebut kita merasa dibutuhkan dan dihargai orang lain

  • CollaboratiON

kunci dari melakukan kolaborasi adala: (1) Berguru dengan orang hebat, lalu cari guru terbaik yang ada  (2) Aktif di komunitas, hal ini dapat melatih kita berinteraksi dengan orang lain (3) Berbagi kebaikan anda, jangansukses sendirian, manusai butuh orang lain untuk sukses, tidak mungkin sukses sendirian

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s