Target Tercapai vs Sapu Bersih

ini ceritanya lagi ngedraft tapi mandeg mau nulis apa
padahal kudu secepetnya ngerevisi draft lagi sebelum sidang yang insyaAllah pekan depan -_-
untuk memancing mood menulis, mari kita ngeblog dulu

Karena di pikiran saya lagi hot hot nya tentang isi draft
#simulasi #elektroda #ECCT #optimalisasi #finitelementmethod #pafreddy #sidang
Mungkin kata kata itu yang sedang berterbangan di neuron neuron otak saya
Jadilah saya pengen bercerita tentang kualitas menulis dan merangkai kata *laah kok ga nyambung*

(suka suka laah namanya juga lagi mercau malam hari -_- )

Kata pa Freddy, berdasarkan tulisan saya di makalah atau draft atau apapun yang saya berikan pada beliau

Tulisan saya itu kurang tersetruktur, terlalu bertele-tele, dan kurang fokus pada tujuan, tujuannya apaa isinya malah kemana mana

Di depan bapaknya saya senyum senyum sambil mengiyakan, tapi dalam hati justri malah ketawa ketawa, menertawakan diri sendiri lebih tepatnya

(‘Kok Bapak tau banget ya?’ hehe)

Tulisanmu adalah refleksi pemikiranmu
Pada kenyataannya emang bener sih, misal saya udah nentuin suatu target nih, terus di tengah jalan nemu hal yang menarik, daaaan akhirnya fokus saya jadi teralih kesana dulu. Atau ketika menemui kesulitan, saya akan terhenti beberapa saat dan malah melakukan hal lain, setelah dapat inspirasi lagi, baru saya kembali ke kerjaan awal tadi, contohnya yaa kayak sekarang ini. Kondisi tersebut, membuat saya melakukan apapun yang bisa saya kerjakan pada saat itu, menuliskan apa saja yang terlintas dalam pikiran saya pada saat itu, saat mandeg, kemudian mengerjakan hal lain, dan bisa kembali lagi pada pekerjaan awal dan mengevaluasi. Terdengar melelahkan dan berbelit belit, tapi itu mungkin kenyataan yang harus saya hadapi, dan beberapa hal tentang kebiasaan tsb ingin saya ubah sedikit sedikit. Dan kadang setelah dijalani sekian lama baru nanya balik, laah dulu tujuan saya apaan emang? *yaaeelaaah*.

Ada positifnya ada negatifnya sih, positifnya di saat saya ‘menyimpang’ itu ternyata saya bisa dapat ilmu yang lebih banyak walaupun kadang ga sesuai dengan ilmu yang saya pelajari sekarang dan lebih ngaconya lagi kadang menemukan hal hal baru yang dapat merubah drastis target awal. Negatifnya, saya jadi kurang bisa fokus dan bakalan mual mual denger kata ‘DEADLINE’ .

Mana yang lebih baik?

Saya ga akan meng-judge mana yang lebih baik atau buruk. Mungkin hal ini kembali pada karakter masing masing orang, dan bagaimana orag tersebut nyaman dengan kondisinya tersebut.

Sesuai nasehat Pa Freddy, ‘ Ya terserah kamu Siti, kamu maunya sapu bersih dari awal tapi ga sesuai target atau pokonya asal targetnya tercapai yang penting udah nyapu’. Yang kurang lebih artinya saya harus lebih rajin nyapu #eeh *salah fokus*. Dosen pembimbingku yang satu ini bisa juga berfilosofi
Baiklaah karena merubah kebiasaan itu tidaklah mudah, jadi saya masih menerapkan metode pertama yang walaupun melenceng dari tujuan, tapi bisa melakukan detail detail lain. Dan walaupun tujuan awal tak tercapai, maka target target lain telah menunggu di hadapan kita, siapa tau di depan kita ternyata ada target target yang lebih okee. Kan emang cuman Allah yang paling tau kebutuhan kita di masa depan.

Sebagai penutup racauan malam hari ini, saya ingin berpendapat bahwa setiap muslim dilahirkan dan tumbuh dengan berbagai target hidup. Tapi satu yang pasti kalau target dan tujuan kita masih berada pada jalan Islam, apa juga boleeeh. Dan mungkin kesuksesan itu bukan cuman buat orang orang yang selalu bisa fokus di bidang keahliannya, namun memang pada orang yang bisa memaksimalkan kemampuannya #tsaaah (ngomong apaan sih ini)

Sekian dan Terima Kasih😉

 

Nb: Pa Freddy adalah dosen pembimbing Tugas Akhir saya di kampus, insyaAllah suatu saat nanti bakalan saya kupas tuntas tentang profil dosbingku yang keren ini🙂

 

Leave a Reply

