Alhamdulillah, Terima Kasih, Terima Kasih, Terima Kasih :)

SIDANG TUGAS AKHIR

Menjadi momen tak terlupakan dalam hidup saya. Setelah melewati proses sidang yg penuh air mata, akhirnya tgl 19 September 2013 saya dinyatakan lulus sebagai S.Si (sarjana sains) dari program studi Fisika ITB. Beberapa teman yang datang di sidang terbuka tersebut mungkin paham kenapa sidang yang saya jalani begitu berkesan. Karena di hari itu, setelah presentasi selesai dan sesaat sedang menunggu para dosen berdiskusi, saya tiba tiba nangis T_T.

Nangis yang ga biasa, nangis ampe ngumpet, dicariin ama dosen pembimbing bahkan sempet disusulin juga ampe toilet. Hehe malu juga kalau diinget inget lagi. Padahal selama ini saya katanya dikenal sebagai akhwat strong yang paling anti nangis depan umum :p . Namun hari itu, serasa tak bisa membendung air mata, dan akhirnya keluar juga.

Saya juga ga begitu inget alasan kenapa nangis. Yang saya ingat, presentasi tugas akhir yang saya lakukan kurang maksimal, saya mulai down di statement pertama dosen penguji, kemudian dosen menyuruh menuliskan rumus sederhana yang saya tak bisa tuliskan saking gugupnya lalu pertanyaan pertanyaan selanjutnya yang seakan menghujani saya yang sedang berdiri di depan dengan ribuan jarum jarum kecil nan tajam.

Entah sepertinya saya malu. Malu pada dosen pembimbing. Malu telah mengecawakan mereka dengan penelitian saya yang terkesan asal asalan. Malu atas ketidakmanpuan saya menyampaikan presentasi dengan baik atau mungkin malu juga pada semua orang di ruangan tersebut karena sejeleknya penampilan saya hari itu, masih ada orang yang memberi dukungan dan semangat, bahkan saya masih bisa dinyatakan lulus dengan nilai yang baik, entah karena kasian atau apa, hehe saya tetap berhusnudzon pada para dosen.

Saya merasa sangat beruntung dikelilingi orang yang baik, orang yang menerima saya apa adanya, dan tentunya selalu mendoakan yang terbaik bagi saya. Begitu bersyukur pada Allah atas semua karunianya hingga hari itu. Mungkin ucapan di buku TA saya akan jarang dibaca orang dan terbatas pada halaman di kertas putih, bahkan mungkin tak tersampaikan pada orang orang tersebut.

Jadi di kesempatan ini saya ingin sampaikan berjuta juta rasa syukur dan ucapan terimakasih saya kepada orang orang yang telah banyak membantu saya sejak saya kuliah di ITB, sejak masa masa TPB sampai saat ini, mungkin tak akan sanggup mengucap rasa terima kasih hanya dengan menuliskannya di blog saya yang sederhana ini. Namun izinkanlah saya berterimakasih sedalam dalamnya kepada:

  1. Allah SWT, yang menyebabkan semua hal terjadi dalam kehidupan saya. Entah pada siapa lagi hati ini mencari pelabuhan saat gundah, sedih bahkan saat bahagia ataupun tertawa. Hamba ini ingin selalu belajar bersyukur pada-Mu
  2. Muhammad SAW, yang selalu menjadi inspirasi dalam menghadapi setiap hambatan dan cobaan kehidupan.  Yang semoga di hari akhir nanti engkau berikan syafaatmu kepada salah seorang umatmu yang hina dina ini.
  3. Ibu Dede Nurhayati dan Bapak Katim sebagai Mamah terbaik  dan Bapak terkeren di  seluruh dunia. Laela Nurul Komariah, adik yang sering menemani saya dalam mengerjakan karya tulis ini, walau lebih seringnya bikin ribut dan ngejailin, tapi kalian adalah orang orang yang selalu ada di samping saya kapanpun saat dibutuhkan. Setiap detik yang saya jalani merupakan ikhtiar untuk bisa membahagiakan kalian.
  4. Dr. rer. nat. Freddy Haryanto sebagai dosen pembimbing 1,  Dr. Warsito P Taruno sebagai dosen pembimbing 2 dan Direktur PT. EdWar Technology Tangerang, tempat saya melakukan penelitian, yang telah memberikan berbagai ilmu yang berharga, menjadi tempat bertanya dan berdiskusi selama proses pengerjaan tugas akhir ini. Beliau beliau ini adalah orang orang yang telah membangkitkan cita cita saya untuk bisa berkontribusi pada masyarakat di bidang penelitian yang sedang saya jalani ini. Kalian adalah inspirasi saya untuk tetap bersemangat melakukan riset dan terus belajar untuk melakukan penelitian terbaik.
  5. Dr. Siti Nurul Khotimah dan Dr. Fatimah A. Noor sebagai dosen penguji pada sidang Tugas Akhir. Dr. Idam Arif dan Dr. Triyanta sebagai dosen wali selama menjalani perkuliahan di kampus ITB. Dosen dosen mata kuliah di TPB dan prodi Fisika yang telah banyak berbagi ilmu, pengalaman, dan inspirasi. Dosen dosen di prodi fisika adalah orang orang yang bahkan tak pernah saya bayangkan bisa bertemu beliau beliau ini yang begitu ahli di bidangnya. Semoga ilmu yang diberikan, dapat memberikan berkah dan menjadi amal kebaikan beliau beliau sampai akhirat nanti.
  6. Ka Marlin Ramadhan Baidillah sebagai pembimbing lapangan di PT. EdWar Technology yang telah banyak membantu dan memberikan masukan, dan juga rekan rekan penelitian di CTECH Laboratories, PT. EdWar Technology (Ka Qolby, Ka Iiq, Ka Heni, Ka Dylah, Ka Dora, Ka Haris, Ka Ihsan, Ka Mushfi, Ka Romy, Ka Markus, dll) yang banyak membantu saya dalam melakukan penelitian sejak masa masa saya melakukan Kerja Praktik.
  7. Pipit Fitriani dan Ahmad Sidik, sahabat terbaik di kampus, yang menjadi tutor kuliah, teman, sahabat, rekan diskusi, dan orang orang yang mau berbagi impian masa depan. Khusus buat kalian, spesial thank you karena mau mendengarkan kegelisahan dan keluh kesal saya di masa masa galau persiapan sidang, bahkan kalian setia menemani sampai hari sidang itu tiba. wherever you will go, korea or Japan or jambi or another place in this world,  I will always miss you guys😦 . Tunggu tahun 2029, kita buktikan impian impian kita masa kini dapat terwujud satu persatu😉
  8. Kang Fauzi Fajrudin, kakak yang dikenal sejak SMA yang telah ‘menyesatkan’ sehingga saya bisa kuliah di ITB. Karena petunjuk akang yang satu ini, alhamdulillah saya bisa diterima di ITB. Makasih banyak telah menjadi jalan kebaikan untuk saya Kang🙂. Semoga beliau baca ini, udah lama pisan ga ketemu kang Uji, istrinya kang Uji (teh Muti) dan anak anaknya yang supeeer lucu
  9. Teh Khadijah, Teh Annisa Martina, Teh Agtri Leandini, dan Bu Allis Nurdini yang telah menjadi kakak- kakak pembimbing saya selama berada di kampus.
  10. Sahabat – sahabatku di kampus dan organisasi , Wulandari Purwaningrum, Dewi Kusuma Pratiwi, Ahmad Haris Muhtar, Iwan Nurfahrudin, Geby Saputera, Vergina Apriani, Fanni Suyuti, Tri Wahyu Nugroho, Zainab Nururrohmah, Ade Arini.
  11. Sahabat sejak masa sekolah yang selalu memberi dukungan dan doa Yunita Agustine, Aristy Dewinta Fauzi, Iis Rosy, Hana Kristiani, Didit Purwadhita, Fitri Rahmawati, Casminda.
  12. Mahdi Mahendra, Teman sebimbingan dan seperjuangan sejak KP, yang sering nemenin bolak balik Bandung-Tangerang.
  13. Andri Rahmadhani, Yundi Supriadani, Kharisma Fajar Hidayanti, Rizky Maharani, Fitria Ariani, Rahma Dwi Prasetya, Sesya Sri Purwanti, Tarra Raissa, Luman Haris, teman seperjuangan sejak KP dan se-KK Biofiska ITB.
  14. Teman teman seamanah di Tajdid Azzaman, Gamais ITB 2009, MILIS ITB, MAIFI ITB, MATA’ Salman ITB, HIMAFI ITB, Fisika 2009, ISEF 2009, OASIS 2011, Badan Koordinasi Mentoring Gamais ITB, Asrama Rumah Visi Salman, dan teman teman yang tidak bisa saya sebutkan satu persatu.
  15. Dan kalau boleh berterimakasih pada perusahaan pengembang software yang saya gunakan untuk simulasi, Comsol Multiphysics dan MATLAB. Juga pada web web dan software yang berjasa, Google, Yahoo, FB, Twitter, WordPress, IEEE, web jurnal medical physics, Winamp, Microsoft, IDM. Laptop tersayang, Aspire V5-471G dari ACER dan Intel Core i5. Kalian sangat bergunaaa, saya beruntung dilahirkan di jaman serba canggih seperti sekarang ini.

Jazakumullah khairan katsiran kepada kalian yang sebenarnya ingin saya sebutkan satu persatu beserta kebaikan kalian selama ini, namun apa daya, semoga Allah membalas dengan kebaikan yang berlipat lipat

999220_10200622872709651_1980536871_n

Pa Warsito (Dosbing 2), Mahdi, Siti, Pa Freddy (Dosbing 1)

537003_10200622871309616_30157655_n

Pa Warsito, Mahdi, Siti, Ka Marlin

561971_10200622870589598_1038995153_n

Teman teman fisika 2009 di depat ruang staff lama prodi fisika

IMG-20130919-WA0005

Sidik, Siti, Pipit

IMG-20130919-WA0000

Haris, Pipit, Siti, Sidik

Ini maaf ya rada lebaay banyak banget yang pengen diucapin terima kasih. Sangat bahagia dikelilingi orang orang yang selalu dukung dan tak pernah membiarkan saya kesepian menjalani hari hari penuh warna di kampus gajah ini

Akhir kata, saat sekarang saya mulai bisa menjawab pertanyaan,

“Kapan lulus? Kapan Wisuda? ”

lalu akan saya jawab

“InsyaAllah tanggal 19 Oktober 2013”

Selanjutnya saya akan mencari jawaban atas pertanyaan

“Udah wisuda mau ngapain?”

Emmm apaan yaa, S2? kerja? S2 sambil kerja? Kerja sambil S2? Atauuuu …………….

“Kapan Nikah?”

Emmm -_-   #berpikir keras

Mari mencari jawaban🙂

4 thoughts on “Alhamdulillah, Terima Kasih, Terima Kasih, Terima Kasih :)

  1. Sitiiiiii, seneng baca tulisan siti,
    ami like-like-in yang banyak, hehehe

    Barakallah Siti, S. Si, aamiin… *pelukpelukpeluk*😀

    tetap saling mendoakan ya🙂

    • hehe jadi maluu >_<
      aamiin ya Allah *peluuuk ami*
      insyaAllah mi, sukses buat ami juga, tahun depan siap siap jadi M.T heuu *keren beut lah sahabatku yg satu ini*🙂

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s