Apa Artinya Pencapaian dalam Penelitian ?

Penelitian. Ahh apa itu penelitian. Saya yang anak kemarin sore berani berani ngomongin tentang peneltian. Wait ! tenang saudara saudara, disini saya akan berbagi sebuah video favorit saya, yang mungkin telah saya lihat berkali kali terutama saat motivasi sedang turun untuk melakukan riset. Kita tanya ahlinya apa sih arti penelitian bagi beliau. Beliau adalah salah satu dosen pembimbing tugas akhir saya, yang sudah melakukan banyak penelitian dan menghasilkan berbagai produk alat di bidang medis. Beliau orang yang sudah kurang lebih 20 tahun berkecimpung di dunia penelitian. Beliau sudah merasakan manis pahit, dan jungkir baliknya melakukan penelitian. Dan karena motto hidupnya mungkin saya adalah salah satu fans beratnya hehe. Semoga suatu hari saya bisa melanjutkan perjuangannya di bidang penelitian medis.🙂

Yoo so check this out !

“Pencapaian itu, ahh saya kurang menganggap itu sebuah pencapaian. Saya sendiri melakukan riset kurang lebih 20 tahun dan yang saya pikirkan adalah bagaimana apa yang saya lakukan memiliki manfaat untuk orang lain, mungkin semacam passion, namun sepertinya saya belum mendapat kepuasan itu.

Penelitian belum berarti selama orang lain belum merasakan manfaat dari penelitian tersebut. Jika orang lain menganggap itu suatu pencapaian ya mungkin bisa disebut seperti itu. Namun itu semua bisa tercapai karena jalan panjang dan karena upaya perbaikan sedikit demi sedikit.

Nilai terbaik bagi seseorang adalah jika dia bisa memberikan manfaat bagi orang lain. Memberikan manfaat itu sendiri bagi saya adalah kewajiban selama kita mampu. Orang lain melihat suatu penelitian itu besar karena ia melihatnya dalam waktu yang sekejap.

Semua ini kembali pada person, jika seseorang ingin yang dilakukannya itu ada artinya maka berarti ia ingin apa yang dia lakukan memberi manfaat. Selalu ada ruang utk improvisasi. Motto hidup saya sederhana, kalau masih ada yang bisa dilakukan, masih ada yang bisa diperbaiki, maka upaya itu belum ada”

(Warsito P Taruno)

Leave a Reply

